4 Hal penting pada pendakian pertama

Postingan ini sama sekali gak bermaksud untuk sotoy, ku hanya mau berbagi pengalaman pribadi aja.  sharing is caring kan ? : )

Jadi, apa aja sih yang sebaiknya kita lakukan sebagai pendaki pemula yang masih minim banget pengalaman tapi mau mencoba mendaki gunung untuk pertama kali nya ? this is it !1. Cari info sebanyak mungkin.

Yap ! jangan malas baca dan cari info.  Biasanya setelah tahu tujuan nya akan mendaki ke gunung apa, saya akan langsung googling untuk cari informasi sebanyak mungkin tentang gunung yang akan saya tuju.  Misalnya informasi tentang bagaimana transportasi kesana,  jalur mana yang paling aman dan cocok untuk pemula, berapa lama waktu pendakian nya, bagaimana prediksi cuaca, dan bagaimana ketersediaan air di gunung itu sendiri.

Hal ini penting supaya kita bisa mempersiapkan segala sesuatu nya nanti dengan tepat. Misalnya begini, kalau sudah dapat informasi tentang transportasi nya bagaiman, kita bisa memperkirakan berapa banyak uang yang mesti dibawa untuk ongkos pp, kamu gak mau kan gak bisa pulang karena kehabisan uang untuk ongkos.

2. Banyak sharing sama yang ngajak pergi.

Kalau kamu sudah dapat informasi dari internet, baru deh kamu bisa sharing sama yang ngajak kamu, dan saling tukar informasi juga.  Teruuusss.. sebagai pendaki pemula kamu pasti nya belum punya gear pendakian yang lengkap kan ? belum punya tenda, belum punya kompor, belum punya nesting, dsb. Nahh… ini penting nya sharing sama yang ngajak, tanya apa yang harus kamu bawa untuk perlengkapan pribadi dan untuk perlengkapan kelompok.

3. Latihan fisik.

Ini serius penting, gak bisa di anggap sepele.  Se mepet – mepet nya 2 minggu sebelum pendakian kamu harus latihan fisik, yang ringan aja misalnya jogging keliling komplek 1 jam perhari atau bisa juga sepedaan. Saya sendiri udah rasain beda nya naik gunung dengan latihan fisik dan naik gunung tanpa latihan fisik sama sekali.  Kalau latihan fisik kaki sudah di biasa kan untuk banyak gerak, jadi gak gampang capek, nafas juga gak engap-engapan, pas turun pun kaki pegal nya paling 1 hari aja. Kalau gak latihan fisik sama sekali kaki pegal nya bisa  3 – 5 hari, buat naik / turun tangga berasa ngilu banget.

4. Ijin, Doa, Mental

Wajib banget ijin orang tua, meskipun saya tiap minta ijin pasti ada perdebatan dulu tapi saya akan jelaskan ke orang tua dengan siapa saya pergi, naik apa, kemana, dan berbagai cara untuk meyakinkan orang tua saya kalau saya bisa jaga diri dan segala sesuatu nya akan aman – aman aja jika orang tua saya kasih kepercayaan ke saya.  Dan saya harus bisa membuktikan itu dengan kembali kerumah dengan selamat.

Doa menurut saya kaya semacam minta ijin sama Tuhan sang empunya semesta ini untuk bisa menikmati alam ciptaanNya

Dan mental, kamu bukan hanya harus mempersiapkan mental untuk bisa sampai puncak yang pemandangan nya bagus, bisa liat sunrise, foto di atas awan ahh indah nya, tapi juga mental untuk menerima kenyataan kalau pas di puncak nanti cuma dapat pemandangan putih penuh kabut kaya foto studio hahaha, atau gagal muncak karena kondisi alam yang gak memungkinkan.

Nah itu dia yang bisa saya sharing, waktu pertama kali mendaki gunung apa lagi  yang menurut kamu penting untuk di persiapkan ? share ke aku dong. Inget, sharing is caring lhoo .. 🙂

2 comments on “4 Hal penting pada pendakian pertama

  1. evrinasp berkata:

    Hai mbakkk suka mendaki juga ya, pendakian pertama ku ke Gunung Bromo hehe, habis itu baru mendaki betulan, selalu yang pertama itu memberikan kesan

    Suka

Tinggalkan komentar