Pengalaman Pertama Mendaki Gn. Merbabu

Haiiiiii…  I’m back !

Kali ini saya akan share pengalaman saya pertama kali naik Gunung Merbabu via jalur wekas – Magelang. Masih anget banget, karna waktu post ini di tulis, otot kaki saya masih kerasa banget ngilu sisa turun gunung nya hahaha.

Wanna now more ? keep reading guys !

Gunung Merbabu ini memang salah satu TravelWish saya tahun ini, dan kebetulan bulan Februari kemarin Tntravellers kirim BC ke saya kalo mereka akan buka trip ke Merbabu untuk bulan April ini, gak pake pikir panjang saya langsung daftar pasti nya haha.

Setelah nunggu dari Februari sampe April, finally hari yang ditunggu datang juga ! 1 April 2016 semua peserta open trip kumpul di meeting point stasiun pasar senen jam 10 malam, karena kereta tawang jaya yang akan mengantar kita ke Semarang akan berangkat jam 11 malam. Hemat tenaga, bobo cantik aja di kereta hehe kurang lebih jam 6 pagi kita udah sampe di stasiun poncol Semarang dan sudah di tunggu sama mini bus yang akan mengantar kita ke base camp pendakian di Desa Wekas, Kopeng – Magelang. 3 Jam kurang lebih perjalanan dari Semarang sampe Magelang. Kurang lebih jam 9 Pagi  kita sampe di base camp pendakian Gunung Merbabu via Wekas, dari Gerbang Desa Wekas sampai Base Camp ini jarak nya lumayan jauh, dan udah mulai nanjak, ngelewatin perkebunan warga khas tanaman di kaki gunung, akan gempor duluan kalo dari gerbang Wekas ke base camp  di tempuh dengan jalan kaki. Jadi saran saya, pastikan kalian charter mobil yang mau nganter sampe di base camp, bukan di gerbang desa. Beberapa base camp biasa nya juga menawarkan jasa charter mobil sekalian kok.

Base Camp – Pos 1

Sampai di base camp makan dulu isi ulang tenaga, re-packing, briefing dan gak lupa doa bareng sebelum mulai pendakian akhirnya jam 11 kita mulai mendaki, Puji Tuhan cuaca lumayan cerah gak panas gak hujan cuma sedikit berkabut.

IMG-20160404-WA0025_1459784516963

Doa sebelum mulai pendakian itu WAJIB.

FHD0953

Dari base camp Kang Aan ini kita bener bener gak di kasih “pemanasan” karena langsung di sodorin jalur yang nanjak, mulai dari ngelewatin perumahan warga sampai masuk hutan dan akhir nya setalah 90 menit nanjak dan setelah di PHP in sama beberapa plang “Pos Bayangan” akhir nya kita sampai di Pos 1, pas banget adzan dan pas banget ada sumber air pas banget udah ngos ngos an jam 12.30 kita break di pos 1 sekalian nunggu temen temen yang muslim untuk menunaikan kewajibannya.

Pos Bayangan 1

Pos 1 – Pos 2 (Camp Area)

Lumayan break 30 menit jam 1 kita lanjut perjalanan menuju pos 2 / camp area Gunung Merbabu via jalur wekas, lagi lagi trek nya tanpa bonus nge gas nanjak terus, medan nya sih gak terlalu berat dan jalur nya jelas gak banyak persimpangan, 3 jam perjalanan dari pos 1 ke pos 2 akhir nya sekitar jam 4 kita sampe di camp area Pos 2, lumayan lama karena ada beberapa temen yang sempet keram kaki dan nafas yang udah ngos ngosan bawa carrier jadi kita jalan santai aja. Sebelum masuk ke pos 2 ini di tandain sama jalur yang mulai menyempit dan agak landai.

IMG-20160404-WA0022

Selfie biar gak berasa cape nya 😀

Mulai Lelah

Finally Pos 2

Pemandangan di pos 2 ini sebenernya keren banget, keliatan dengan jelas beberapa puncak Gunung merbabu deket dari mata tapi jauh dari dengkul haha sayang nya sore itu cuaca agak berkabut jadi kurang maksimal hunting foto nya. Kenapa nge camp di pos 2 ? karena di pos 2 ini ada sumber air, tempat nya juga lapang, bisa menampung puluhan tenda. Sampe di pos 2 cari tempat enak buat nge camp, buka tenda, bongkar muatan logistik, foto foto dan main masak masakan. Urusan perut beres saat nya tidur di dalam hotel beribu bintang, lumayan istirahat beberapa jam ngumpulin tenaga untuk summit attack.

Kabut mulai turun

Camp Area

Pos 2 – Puncak Kenteng Song 3142mdpl (Summit Attack)

Jam 1.30 kita semua bangun untuk persiapan summit attack waktu bintang lagi bagus bagus nya, keliatannya deket banget sama mata, banyak dan akan bikin kangen. Abis isi perut dan doa bareng untuk summit jam 2 pagi kita mulai summit attack dari pos 2. Track nya ? makin asoy . nanjak, batu batu gede di jalur naga, ngerayap tebing di jembatan setan, turun bukit naik bukit, dingin, kabut, jalan setapak kanan kiri jurang. Tapi pemandangannya keren banget ! bintang nya banyak, bulan sabit, kelap kelip lampu kota magelang, susah di jelaskan dengan rinci pokonya. Perjalanan dari pos 2 sampai puncak kenteng songo ini kurang lebih 5 jam dengan jalan santai karna ada beberapa temen yang sempet mual di jalur, jam 7 pagi kita semua akhir nya ada di Puncak Kenteng Songo 3142 mdpl ! gak dapet sunrise karna ketutup kabut, tapi tetep bersyukur sih bisa sampe puncak, setelah ngelewatin jalur yang warbiyasa itu.

Jembatan setan (Foto di ambil waktu turun)

melipir jalan setapak

IMG-20160404-WA0016

Melipir jalan setapak di temenin kabut

Puncak Kenteng Songo – Pos 2

Sampe di puncak karna udah gak dapet sunrise, kita tetep di sambut sama si gagah di sebrang sana Gunung Merapi . Gagah Banget. Hunting foto gak terlalu lama, jam 7.30 kita bergerak turun dari Puncak.

Finally 3142 mdpl

Gn. Merapi

Si gagah merapi dan hijau nya sabana merbabu

IMG-20160404-WA0034.jpgIya ngelewatin jembatan setan – lagi, jalan setapak – lagi. Perjalanan turun emang selalu lebih cepet dari naik, kurang lebih 3,5 jam karna jam 11 siang kita sudah sampe lagi di pos 2. Itu pun udah pake foto foto di jalur selama turun hahaha maklum pas naik ga sempet foto apa apa karna gelap dan dingin hehehe. Sampe di pos 2 makan lagi, karna tenaga udah abis buat naik, sekalian ngabisin logistik yang kita bawa.

Pos 2 – Base Camp

Selesai makan, packing, bongkar tenda, jam 12.30 siang kita turun dari pos 2 langsung tancap gas sampe base camp. Cuma berenti sebentar karna adzan, jam   2 siang kita udah sampe lagi di Base Camp kang Aan . Finally !

Sampe di base camp langsung berpencar ngurus keperluannya masing masing, ada yang mandi, ke toilet, makan, rebahan. Jam 3 sore selesai kita bersih bersih dan makan, kita langsung cabut dari base camp Kang Aan ke stasiun tawang, untung nya mobil yang kita carter waktu berangkat udah siap sedia nunggu kita di base camp hahaha sampe di stasiun tawang jam 6 sore lumayan masih ada waktu sambil nunggu kereta kita makan – lagi hahaha iya emang makan mulu kita. Jam 19.30 kereta berangkat dari semarang ke Jakarta lagi.

Seneng sih open trip kali ini rame, nambah temen baru lagi pasti nya. Ini pertama kali nya naik gunung bareng 22 orang, yang paling banyak lah sejauh ini buat saya pribadi. Tapi enak orang nya asik asik hahaha. Yang pasti merbabu akan membuat rindu deh ini. Next time mau banget balik ke Merbabu lagi lewat jalur yang lain. Ahh Can’t wait. !